Anda pasti sudah sering dengar istilah-istilah yang keren di Internet seperti blog, wiki, ajax, dll. Istilah-istilah menggambarkan “sesuatu” yang sudah ada dengan nama baru yang keren dan mudah diingat, sehingga menjadi populer.

Istilah BLOG berawal dari weblog, yang maksudnya “logging the web” yang pertama kali dipopulerkan oleh Jorn Barger. Istilah WIKI, berasal dari bahasa Hawaii yang artinya cepat, pertama kali dipopulerkan oleh Ward Cunningham. Sedangkan istilah AJAX yang merupakan singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML, pertama kali dipopulerkan oleh Jesse James Garret.

Barang yang diperkenalkan oleh istilah-istilah keren ini sebenarnya bukan barang baru. Blog misalnya, pada dasarnya adalah online journalism, yang bahkan sudah ada sejak sebelum HTTP ada. AJAX, pada dasarnya bukan teknologi baru
tetapi merupakan istilah yang menggabungkan HTML/CSS, DOM, JavaScript, dan XML dalam satu nama.

Keuntungan dari adanya istilah baru yang keren ini antara lain tentu saja agar teknologi tersebut menjadi lebih mudah diperkenalkan dan dipopulerkan. Misalnya anda punya website baru dan memperkenalkan ke teman, teman anda tanya… “Apaan tuh??”… anda jawab “Blog” … teman Anda akan bilang “Oooo…”. Bandingkan dengan kalau anda jawab “Online journal”… pasti akan mengundang pertanyaan baru.

Tapi juga sebaliknya, saya lihat ada banyak layanan/teknologi di Internet lainnya yang sudah populer tapi belum punya nama keren, misalnya:

  • Aplikasi jaringan pertemanan (social network service), seperti friendster, facebook, orkut, dll.
  • Aplikasi social bookmarking, seperti digg, del.icio.us, stumbleupon, dll.
  • Aplikasi video sharing dan photo sharing, seperti you tube, flickr, dll. Ada yang menamakan video blog, dan photo blog. Tapi rasanya kurang keren ya :)

Ini kesempatan, siapa tahu anda bisa menemukan dan mempopulerkan nama keren untuk layanan tersebut, dan menjadi selebriti Internet. ;)

About these ads