Institusi pemerintahan yang paling banyak berhubungan dengan warga Indonesia yang tinggal di Singapura biasanya adalah Immigration & Checkpoint Authority (ICA) dan Ministry of Manpower (MOM). Sedikit pengalaman menarik ketika saya berhubungan dengan mereka.

Saya sering mengkontak officer di MOM jika ada pertanyaan yang tidak saya temukan jawabannya di website MOM. Dulu biasanya saya kontak mereka lewat telpon ke call center. Yang mengangkat telpon adalah mesin, lalu akan ada pilihan untuk berbicara dengan customer service. Tapi beberapa bulan yang lalu pilihan untuk berbicara dengan customer service ini gak ada lagi. Jadinya saya harus kirim pertanyaan lewat email melalui website mereka. Waduh… saya pikir, kok turun begini service level nya nih.

Lalu saya coba juga ajukan pertanyaan lewat email tsb. Kemudian ada jawaban bahwa pertanyaan saya akan dijawab dalam 7 hari kerja… walah lama bener cuman mau tanya aja. Di luar dugaan, keesokan harinya ada petugas dari MOM telp ke hp saya, dia mau melakukan klarifikasi atas pertanyaan saya karena ada point yang kurang jelas. Setelah itu dia jelaskan solusi dari masalah yang saya hadapi. Wooww… excellent.

Hari jumat yang lalu saya mengalami kejadian serupa, DP renewal form istri dan anak saya belum tiba padahal sudah tiba waktunya untuk renewal. Saya kirim email lagi ke MOM. Kali ini juga dengan jawaban yang sama bahwa petugas akan menghubungi dalam 7 hari kerja. Lagi-lagi keesokan harinya ada petugas yang menjawab bahwa hari ini (sabtu kemarin) mereka akan kirimkan renewal form tersebut. Dan senin hari ini, pagi-pagi saya sudah terima form yang saya minta.

Salut… kapan ya Indonesia bisa punya kualitas layanan publik yang seperti ini???

Iklan